Perbedaan Bawang Tunggal/Bawang Lanang Dengan Bawang Kating Biasa

Perbedaan Bawang Tunggal/Bawang Lanang Dengan Bawang Kating Biasa

Bawang tunggal banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai “obat” karena dipercaya memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan bawang putih biasa, sehingga hal ini mendorong peningkatan permintaan bawang putih tunggal.

Melihat adanya peningkatan tersebut, menyebabkan arah riset ke bawang putih tunggal sebagai agen terapeutik juga semakin meningkat.

Perbedaan bentuk bawang tunggal (bawang lanang) dengan bawang kating biasa

Perbedaan bawang tunggal / bawang lanang (single clove garlic) dengan bawang kating (multi clove garlic)

Bawang putih tunggal atau bawang lanang adalah bawang putih yang tidak memiliki teman.  Menurut Neeraj et al. (2014) dalam artikelnya yang berjudul Garlic: A Pugnent Wonder From Nature, bawang tunggal atau bawang lanang atau solo garlic berasal dari Provinsi Yunan, China.

Sama seperti dengan bawang lainnya, bawang tunggal juga mengandung zat-zat yang ada pada bawang putih pada umumnya seperti senyawa allicin, minyak atsiri, dan lain sebagainya.

Namun, yang menjadikan bawang putih tunggal ini unik adalah bawang ini memiliki bentuk yang lebih bulat serta warna yang cenderung lebih putih. Di Indonesia kesediaan bawang tunggal ini ada dua yaitu, lokal dan impor. Umumnya import dari China.

Perbandingan kandungan nutrisi bawang tunggal dengan bawang kating biasa
Pada tahun 2017 Naji et al. dalam artikel ilmiahnya yang berjudul Hepatoprotective and antioxidant effects of single clove garlic against CCl4-induced hepatic damage in rabbits menyebutkan bahwa bawang putih tunggal memiliki potensi antioksidan yang lebih besar dibandingkan dengan bawang putih biasa, sehingga dapat mengurangi radikal bebas, memperbaiki enzim pada hati, serta mengurangi keparahan fibrosis hati kelinci.

Hal ini mungkin yang menjadikan bawang putih tunggal memiliki efek “mengobati” dibandingkan dengan bawang putih biasa, namun untuk membuktikannya lagi masih dibutuhkan penelitian yang mendalam.

Referensi artikel
  • Neeraj S, Sushila K, Neeraj D, Milind P, and Minakshi P. 2014. Garlic: A Pungent Wonder From Nature. Int. Res. J. Pharm, 5(7):523-529.
  • Naji KM, Al-Shaibani ES, Alhadi FA, Al-Soudi SA, D'souza MR. 2017. Hepatoprotective and antioxidant effects of single clove garlic against CCl4-induced hepatic damage in rabbits. BMC Complement Altern Med, 17(1):411.

Kami menjual produk bawang hitam kualitas terbaik yang akan memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kami juga menawarkan berbagai paket mulai dari 100gr, 250gr hingga 500gr dengan harga diskon. Nah tunggu apalagi segera dapatkan manfaat bawang hitam dengan membeli produk terbaiknya bersama kami. Hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi www.aranablackgarlic.com.

Nah, buat rekan - rekan yang ingin membeli bawang hitam premium, kami Jual Bawang Hitam terbaik di Indonesia.

Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment