Mengenal Black Garlic si Hitam Penuh Khasiat

Mengenal Black Garlic si Hitam Penuh Khasiat

Apa itu black garlic? Mungkin bagi sebagian orang masih awam ketika mendengar nama “Black Garlic”. Black Garlic atau yang akrab disebut Bawang Hitam ini merupakan salah satu obat herbal yang saat ini sedang trend di dunia kesehatan. Jika kalian berfikir black garlic adalah jenis bawang atau varietas bawang yang baru, maka dugaan kalian salah. Black garlic ini merupakan hasil dari fermentasi bawang putih biasa yang banyak kita temui dipasaran. Black garlic telah terlebih dahulu dikenal oleh negara lain seperti Amerika, Jepang, dan Hongkong. Disana Black garlic digunakan sebagai obat herbal namun juga digunakan sebagai rempah-rempah makanan.

Bawang hitam

Bentuk dari black garlic sebenarnya masih sama persis seperti bawang putih pada umumnya, namun yang membedakan hanyalah ketika dikupas dari kulitnya, daging bawang didalamnya berwarna hitam pekat. Bau yang dimiliki oleh Black Garlic tidak semenyengat bau bawang putih pada umumnya. Tekstur dari black garlic sendiri kenyal dan memiliki cita rasa manis. 

Apa itu black garlic, di Indonesia black garlic baru dikenal pada tahun 2014 saat ada kegiatan festival rempah-rempah Indonesia-Korea. Dari festival itulah masyarakat dikenalkan dengan black garlic yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat ini di Indonesia Black Garlic telah banyak dipasarkan sehingga kalian bisa memperolehkannya dengan mudah. Salah satunya kalian bisa membeli di perusahaan “Jualan Bawang Hitam” di perusahaan ini tersedia bawang hitam dengan kualitas terbaik. 

Cara Membuat Black Garlic 

Fermentasi yang pada umumnya dilakukan yaitu menggunakan ragi, namun untuk proses fermentasi bawang putih menjadi bawang hitam atau black garlic ini hanya dengan suhu dan kelembaban. Biasanya bawang putih yang biasanya difermentasikan adalah bawang tunggal atau bawang lanang. Bawang tunggal adalah bawang putih yang terdiri hanya dari satu suing saja. Dipilih bawang tunggal karena antioksidan yang lebih tinggi. 

Cara fermentasinya yaitu dengan cara menempatkan bawang dalam wadah atau baskom yang berbahan stainless steel. Kemudian ditutupi dengan aluminium foil dan dipanaskan didalam oven bersuhu 70-80 derajat celcius. Dilakukan pengecekan sebanyak 5-6 kali selama pemanasan. Proses pemanasan ini dilakukan selama 40 hari. 

Kandungan dalam Black Garlic 

Proses fermentasi pada bawang putih mengakibatkan adanya perubahan senyawa fitrokimia yang memiliki sifat bioaktif. Salah satu contohnya yaitu konversi senyawa alisin menjadi antioksidan. Jika sebelumnya senyawa alisin inilah yang mengakibatkan bau bawang putih menyengat maka setelah difermentasi baunya sedikit berkurang. Terbukti jika black garlic atau bawang hitam memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan bawang putih segar. 

Selain itu black garlic juga memiliki kandungan antibakteri dan antivirus yang mampu mencegah hipertensi, dan juga kanker. Kandungan selanjutnya yaitu Kalsium, Dially, Saltivine, Sulfide, Belerang, Lemak, Zat Besi, Fosfor, Vitamin A,B1 dan C. Mengandung Aliin dan Alicin yang berfungsi menurunkan kolesterol, menstabilkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung coroner. Terdapat kandungan minyak astir yang bermanfaat sebagai antiseptic. 

Apa itu black garlic, setelah mengenal black garlic kalian bisa menjadikan pola hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi black garlic. Tidak hanya dijadikan obat, black garlic juga bisa dijadikan suplemen sebagai penambah daya tahan tubuh. Manfaatnya yang dapat mencegah penyakit kanker dan mengontrol tekanan darah juga sangat membantu jika semenjak dini kalian ingin mengurangi resiko terkena kanker. Hadirnya berbagai makanan dengan penambahan bahan-bahan berbahaya dan kandungan yang bisa merusak jaringan tubuh dalam jangka panjang. Kalian bisa mensiasatinya dengan menyeimbangkan pola makan dan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi Black Garlic secara teratur.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment