Cara Membuat Bawang Hitam Tunggal Dengan Praktis

Cara Membuat Bawang Hitam Tunggal Dengan Praktis

Cara membuat bawang hitam tunggal sangatlah mudah jika Anda mengetahui prosedur yang tepat. Seperti yang diketahui, saat ini bawang hitam sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya untuk kesehatan. Bawang ini dipercaya dapat mengobati kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Tak heran, jika beberapa koki seringkali menambahkan bawang ini dalam masakannya untuk menambah cita rasa atau untuk tujuan pengobatan.

Bawang hitam sendiri sebenarnya merupakan bawang putih mentah yang dipanaskan dalam suhu tertentu hingga berganti warna menjadi hitam. Kabarnya, semakin hitam bawang tersebut, semakin bagus untuk kesehatan. Nah untuk rasanya sendiri tidak seperti bawang putih yang memiliki rasa dan aroma yang khas.

Bawang hitam tunggal

Bawang hitam atau disebut dengan black garlic umumnya kenyal dan memiliki rasa manis dan asam. Rasa tersebut merupakan hasil dari karamelisasi kandungan glukosa yang ada pada bawang putih. Lalu, bagaimana cara membuat bawang hitam tunggal itu? Simak di sini!

Cara Membuat Bawang Hitam Tunggal Dengan Mudah

Menggunakan Rice Cooker
Cara mudah pertama untuk membuat black garlic adalah menggunakan rice cooker. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain bawang putih, rice cooker, dan tissue. Prosedur pertama yang dilakukan adalah meletakkan rice cooker di tempat yang memperoleh udara yang bagus.

Selanjutnya, kupas kulit terluar dari bawang putih, jangan sampai terlalu tipis karena dapat menyebabkan gosong. Lalu, alasi dasar rice cooker dengan tissue. Setelah itu, letakkan bawang putih yang ingin diubah menjadi black garlic. Tutup bawang dengan tissue di atasnya sebelum rice cooker ditutup.

Langkah selanjutnya adalah menekan tombol “warm” pada rice cooker. Untuk memperoleh hasilnya, Anda perlu menunggu bawang putih hingga 90 hari atau normalnya 40 hari. Namun, dalam kurun waktu 5 hari, Anda tidak perlu melakukan pengecekan.

Menggunakan Oven
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan oven. Pertama, persiapkan bawang putih, mangkuk stainless, kertas alumunium foil dan juga oven. Selanjutnya, taruh bawang putih mentah ke mangkuk stainless yang nantinya akan ditutup dengan kertas alumunium foil. Setelah itu, letakkan mangkuk tersebut ke dalam oven dengan suhu hingga 30 derajat celcius selama 40 hingga 80 hari lamanya. Jangan lupa untuk selalu mengecek selama 4 atau 5 hari sekali.

Menggunakan Wajan
Cara termudah dan tidak perlu menggunakan listrik adalah dengan menggunakan wajan. Langkah pertama adalah siapkan wajan atau teflon yang ingin digunakan untuk memasak bawang putih dan alas dandang yang berlubang. Nah, untuk memasaknya, langkah pertama, Anda perlu menyusun bawang putih di atas alas dandang yang telah Anda siapkan. Selanjutnya, tutup wajan dan masak sekitar 30 menit hingga 1 jam dengan api lilin selama 20 hari.

Perubahan warna akan terlihat setelah 10 hari yaitu warna cokelat. Pada hari ke 20 warna hitam sudah mulai terlihat. Untuk menghasilkan warna yang maksimal, Anda perlu menunggu hingga 40 hari lamanya. Setelah selang waktu itu, letakkan bawang di tempat yang kering yang terhindar dari sinar matahari. Anda juga sudah bisa mengkonsumsinya atau jika ingin memperoleh hasil kandungan yang maksimal, Anda bisa menunggu hingga 80 hari.

Tidak sedikit orang penasaran dengan bawang hitam ini. Namun, sebagian dari mereka enggan membuat di rumah karena harus menghabiskan waktu yang panjang. Selain itu cara membuat bawang hitam tunggal memerlukan kesabaran. Jangan khawatir, sekarang kami, Arana bawang hitam tunggal, hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda akan black garlic.

Kami merupakan produsen bawang hitam yang terpercaya yang menjual black garlic lokal yang berkualitas. Hanya dengan menghubungi kontak kami, Anda sudah bisa memesan bawang ini. Mudah sekali bukan? Ayo beli segera! Cek www.aranablackgarlic.com


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment